Sunday, August 17, 2014

CONTOH TEKS LAPORAN


STRUKTUR TEKS


PARAGRAF
Definisi Umum
Pohon kelapa yang biasa disebut nyiur adalah pohon dengan batang yang kokoh dengan daun semacam palem. Pohon kelapa bisa hidup di daerah panas maupun daerah dingin. Yang termasuk pohon kelapa diantaranya kelapa sawit, kelapa pinus, kelapa palem. Menanam pohon kelapa termasuk mudah dan murah perawatannya. Namun hasilnya baru dapat dipetik jika sudah berumur diatas sepuluh tahun. Hutan kelapa memilki peran  sebagai paru-paru dunia karena kelebatan  daunnya..

Deskripsi Bagian
Negara kita terkenal dengan sebutan negara kepulauan dengan nyiur melambai di sepanjang pantai. Ini memberikan banyak oksiogen dari rimbunnya daun pada pohon tersebut. Kelapa terbagi atas batang, daun, dan buah. Batang  yang merupakan penyangga sangat kokoh dengan diameter kurang lebih dua puluh sampai dua puluh lima  senti meter pada usia siap panen. Daun kelapa memiliki tulang daun yang disebut lidi dengan bentuk kecil memanjang sekitar lima puluh senti meter. Bagian yang tak kalah penting yaitu buah. Buah kelapa ada yang masih muda  disebut kelapa muda atau degan ada yang mengkal dan ada yang sudah tua. Yang sudah tua inilah yang memiliki santan yang kental bila diparut dan diperas. Daerah yang terkenal dengan perkebunan kelapa adalah Pulau Kalimantan yang terkenal dengan perkebunan kelapa sawitnya. Perkebunan ini menjadi tempat bekerja para transmigran dari Pulau Jawa. Perkebunan kelapa sawit ini meghasilkan kelapa yang diolah menjadi minyak sawit. Pohon kelapa di pulau Jawa biasanya dipetik buahnya.

Deskripsi Kegunaan
Pohon yang menjadi ciri khas kepulauan  Indonesia ini harus terus dibudidayakan. Kegunaan dari pohon ini terlihat dari bagian-bagiannya. Batang yang kokoh dapat dimanfaatkan sebagai penyangga atap rumah dan tiang untuk pembutan bangunan semi permanen. Daun kelapa yang masih muda dimanfaatkan untuk membuat ketupat, rangkaian pada acara pernikahan, dan penghias pagar. Yang sudah tua biasanya digunakan sebagai atap rumah setelah dianyam. Buah kelapa lebih banyak lagi manfatnya. Kelapa muda dimanfaatkan untuk membuat minuman segar. Buah yang belu terlalu tua untuk membuat botok dengan cita rasa yang enak. Buah yang sudah tua biasanya dimanfaatkan santannya. Makanan bersantan memiliki cita rasa yang lezat. gurih, dan nyus.  

No comments:

Post a Comment