Sunday, August 17, 2014

CONTOH TEKS EKSPLANASI


STRUKTUR TEKS


PARAGRAF
Pernyataan Umum
Pantai Soge  adalah pantai yang berada di wilayah Kabupaten Pacitan sebelah selatan timur, tepatnya di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Pantai ini sekarang menjadi tujuan wisatawan asli daerah maupun dari daerah lain. Keindahan dan kemenawanan pantai adalah adanya ombak yang bergulung menuju pantai dengan irama yang mengusik hati. Penunjang  objek wisata pantai dilengkapi dengan  warung makan yang tidak seberapa banyak dan  masih sederhana atau belum permanen. Keperawanan pantai ditandai  dengan belum adanya tempat yang redup. 

Deretan Penjelasan
Keberadaan Pantai Soge yang menawan ini disebabkan oleh keaslian pantai. Sebenarnya pantai ini sudah ratusan tahun yang lalu dikunjungi oleh masyarakat sekitar namun baru terorbit setelah dibangunnya jalan lintas selatan yang merupakan jalur utama ke Banyuwangi.  Disamping itu keindahan alam sekitar pantai dengan tumbuhan menghijau yang belum tesentuh kecanggihan teknologi membuat semakin menawannya pantai perawan ini.  Kekayaan alam berupa  pasir dan batu yang terkenal dengan batu “pidakan” menjadi akses unik tersendiri untuk terapi kaki.  Keindahan panorama di jembatan Soge yang terbangun megah dan istimewa karena model, struktur, dan konstruksi jembatan yang sungguh berbeda dengan  jembatan pada umumnya serta keanekaragaman ikan di bawah jembatan merupakan daya tarik tersendiri. Dengan kealamian, keaslian, dan kemanawanan pantai ini membuat pengunjung lokal maupun luar kota berbondong mengunjungi pantai ini. Akses jalan yang mudah, nyaman, dan baru mengakibatkan keleluasaan pengunjung. Apalagi  waktu tempuh dari pusat kota hanya sekitar tigapuluh menit dengan kendaraan bermotor. Kenyamanan dalam perjalanan ditingkahi oleh pemandandangan di kiri kanan jalan yang masih alami. Berkat kemenawanan pantai ini kunjungan wisata menjadi meningkat. Pengunjung dimanjakan karena setelah berkunjung ke pantai Soge bisa melanjutkan perjalanan ke PLTU yang merupakan pusat pembangkit listik untuk wilayah Jawa Timur, Jawa Tengan, dan Jawa Barat.  Perusahaan batik khas  Lorok dengan produksi batik pacenya bisa dijadikan kunjungan terakhir sekaligus  souvenir yang  istimewa.

Interpretasi
Keperawanan dan kemewananan pantai sangat populer setelah dibuka untuk umum.  Pantai ini menjadi pelengkap dari pantai-pantai indah di Kabupeten Pacitan yang memang terkenal dengan  keindahan pantainya.

No comments:

Post a Comment