Friday, May 21, 2010

Latihan Soal Bahasa Indonesia 2010/2011





BIMBINGAN BELAJAR

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

PAKET 2

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

  1. Bacalah paragraf yang belum lengkap berikut ini!

.... Perang Irak mengacaukan ekonomi global dan sekaligus menghambat industri pariwisata. Aksi terorisme di Bali, di Riyard, dan di berbagai negara lain menyumbangkan per-urunan yang segnifikan terhadap berbagai industri pariwisata dunia. Wabah SARS (sindromm pernafasan akut berat) di daratan Cina semakin menambah terpuruknya industri pariwisata dunia.

Kalimat utama yang tepat untuk memulai paragraf tersebut adalah....

a. Aksi terorisme dan perang menghambat laju peningkatan pariwisata dunia

b. Aksi terorisme di berbagai negara menghambat laju peningkatan pariwisata di negara-negara berkembang.

c. Kejadian buruk di berbagai belahan dunia menghambat laju peningkatan ekonomi global.

d. Aksi terorisme dan perang menghambat laju peningkatan ekonomi dunia

  1. Bertambahnya jumlah penduduk di Jakarta membuat keberadaan oleh pemukiman. Perambahan di sepanjang bantaran sungai semakin menjadi-jadi. Bukan hanya gubuk liar yang merambah bantaran sungai, gedung bertingkat dan kompleks perumahan pun ikut menambah lahan bantaran. Beban sungai makin berat oleh limbah domistik dan limbah industri. ....

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah....

a. Kondisi sungai sungguh memprihatinkan

b. Pemerintah Provinsi DKI harus segera mengatasinya

c. Sungai-sungai harus segera diselamatkan

d. Pengawasan lingkungan harus dilakukan

  1. Dinas tenaga kerja dan Transmigrasi Jawa Tengah pada tahun 2003 mempunyai target pengerahan transmigran 1.262 KK dan program resettlement 436 KK di sejumlah kabupaten di Jateng. Menurut Kepala Dinas, program transmigrasi merupakan program yang berupaya menangani masalah kependudukan, khususnya transmigran dan pengungsi akibat kerusuhan di luar jawa.

Topik paragraf di atas adalah....

a. target transmigrasi

b. program pengerahan transmigran

c. Program Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jateng

d. pemanfaatan program pengerahan transmigran Jateng

  1. Karena pengaruh globalisasi dan tuntutan kehidupan, masyarakat akan mengalami pergeseran apresiasi dan cara pandang terhadap berbagai aspek kehidupan. Berbagai aspek kehidupan itu sendiri juga mengalami perubahan-perubahan yang berarti. Untuk menjelaskan bagaimana pendidikan masa depan harus dilaksanakan berbagai tuntutan itulah nantinya akan memaksa dunia pendidikan untuk berbenah diri. Dunia kerja misalnya dapat dipastikan akan menuju kepada spesialisasi dan profesionalisasi. Sementara itu, ada pergeseran apresiasi masyarakat terhadap nilai-nilai kehidupan sehingga masyarakat menjadi longgar terhadap berbagai perilaku yang kurang lazim dalam budaya Indonesia. Misalnya, mencium pipi antara kedua insan yang berlainan jenis di muka umum, pergaulan bebas antara remaja. Itu semua menjurus kepada penyimpangan norma agama.

Kritikan yang tepat terhadap dunia pendidikan dalam teks di atas adalah...

a. Pendidikan harus ditingkatkan lagi dengan biaya yang memadai

b. Pendidikan di Indonesia harus berbenah diri terhadap kekacauan pendidikan

c. Adanya partisipasi dunia pendidikan terhadap pengembangan profesionisasi remaja.

d. Perlu adanya program pendidikan yang menangani kehidupan remaja

Bacalah Teks berita berikut ini!

Teks Berita I

Padatnya arus mudik mulai terasa sejak Jumat sore lalu. Sampai siang kemarin arus lalu lintas nyaris tidak bisa bergerak. Usaha petugas memecah antrean dengan mengalihkan kendaraan barang langsung ke parkir Dermaga LCM juga tidak menolong. Padahal, bus dan sepeda motor juga sudah dialihkan ke parkir depan terminal atau pertokoan Gilimanuk serta mobil pribadi ke parkir manuver.

Teks Berita 2

Selain rawan kecelakaan, Saradan menjadi daerah rawan macet. Di sepanjang daerah itu, ada beberapa tanjakan yang curam. Dengan demikian, tak sedikit kendaraan berat yang mogok karena tidak kuat menanjak. “Jalur cukup sempit sehingga tak bisa dilewati dua kendaraan untuk menyalip apa lagi banyak orang yang sedang mudik melewati jalur ini,” terang Kasatlantas AKP Purwadi.

  1. Kesamaan informasi pada kedua teks berita tersebut adalah...

a. Arus mudik membuat kemacetan jalan raya

b. Daerah menanjak mengakibatkan kemacetan

c. Kendaraan tidak bisa menyalip

d. Kemacetan berada di mana-mana

  1. Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah....

Teks 1

Teks 2

A

Kapan, bagaimana, di mana

Di mana, mengapa, kapan

B

Kapan, bagaimana, di mana

Di mana, mengapa, siapa

C

Bagaimana, kapan, mengapa

Di mana, mengapa, siapa

D

Di mana, mengapa, siapa

Kapan, bagaimana, di mana

  1. Jika melihat sosok Singapura seperti sekarang ini, boleh jadi Anda tidak membayangkan bahwa negara yang identik dengan nama kotanya itu juga pernah memiliki problem yang sama dengan yang dihadapi Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Problem perkotaan yang dihadapi Singapura pada masa lalu itu kini sirna dan muncullah sosok kota modern yang tertata apik, teratur, bersih, dan indah.

Isi pokok paragraf di atas adalah....

a. Singapura berhasil mengatasi problem perkotaan dengan baik

b. Singapura telah menjadi kota modern

c. Singapura pernah mengalami problem kota besar

d. Singapura dan kota-kota besar di Indonesia memiliki kesamaan

  1. Tidak diketahui persis awal mula manusia menggunakan warna untuk terapi penyembuhan. Tetapi, warna disebut-sebut sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Dalam metologi Mesir, warna dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, pada masa itu didirikan bangunan untuk penyembuhan dengan cahaya dan warna. Penelitian pada awal abad ke-19 menemukan bahwa tiap warna dalam sinar matahari mengalirkan frekuensi dan gelombang panjang berbeda. Inti dari penyembuhan itu adalah penyerapan energi sinar matahari melalui mata dan kulit.

Hal-hal berikut ini dikemukakan dalam paragraf di atas, kecuali...

a. Warna dapat dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan penyakit.

b. Terapi penyembuhan dengan menggunakan warna sudah berlangsung sejak zaman Mesir Kuno.

c. Bukti bahwa warna dapat dipercaya mampu menyembuhkan penyakit ditemukan dalam mitologi Mesir Kuno.

d. Bangunan merupakan syarat untuk penyembuhan dengan menggunakan cahaya dari warna.

  1. (1)Hutan Indonesia kurang dapat dikelola dengan baik dan tidak dikelola secara berkesinambungan. (2) Finlandia, 62 persen hutan dimiliki kelompok-kelompok keluarga, perusahaan kehutanan 9 persen, negara 25 persen, dan yang lain 5 pesen. (3) Di Indonesia seluruh kawasan hutan adalah milik negara. (4) Negara menguasai hutan begitu besar, tetapi tidak mampu mengurus, akhirnya keadaan hutan makin rusak. (5) Dalam catatan Persatuan Sarjana Kehutanan (Persaki), kerusakan hutan sudah mencapai 3,5 juta hektar per tahun

Urutan kalimat pada paragraf di atas merupakan....

a. pendapat, fakta, fakta, pendapat, fakta

b. pendapat, fakta, pendapat , fakta, pendapat

c. pendapat, fakta, fakta, pendapat, pendapat

d. pendapat, pendapat, fakta, fakta, pendapat

Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakanlah soal nomor 10 s.d. 14

Dalam situasi yang sulit seperti sekarang, sebaiknya kita sangat selektif dalam menggunakan devisa. Kita harus memanfaatkan betul devisa yang sangat terbatas ini untuk kepentingan yang benar-benar perlu, terutama untuk impor barang produktif yang berorientasi ekspor.

Permintaan akan produk-produk pertanian bukanlah sesuatu yang tiba-tiba. Siklusnya sudah sangat jelas sejak dahulu ketika permintaan pada saat lebaran, sementara permintaan beras meningkat di musim paceklik.

Daripada kita berpolemik soal perlu tidaknya impor daging dari India, lebih baik apabila Departemen Pertanian menata potensi produksi di dalam masyarakat sehingga ketersediaan hasil-hasil produksi bisa terus terjaga sepanjang tahun. Bila mungkin, kita menjadi pengekspor produk-produk pertanian bukan pengimpor.

Potensi pertanian Indonesia besar sekali. Budaya pertanian bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia. Tinggal bagaimana memperkenalkan kebijakan yang kondusif dan teknologi tepat guna kepada mereka sehingga produktivitas hasil pertanian bisa meningkat.

  1. Gagasan utama tajuk tersebut adalah...

a. Devisa negara harus digunakan secara selektif.

b. Potensi produksi pertanian harus dimaksimalkan guna mencukupi keperluan masyarakat.

c. Impor barang produktif yang berorientasi ekspor lebih diutamakan.

d. Permintaan produk-produk pertanian sudah menjadi kebiasaan.

  1. Kalimat fakta pada kutipan tajuk tersebut adalah....

a. kalimat pertama paragraf pertama

b. kalimat pertama paragraf kedua

c. kalimat pertama paragraf keempat

d. kalimat pertama paragraf ketiga

  1. Dalam tajuk tersebut, penulis lebih berpihak kepada....

a. pemerintah

b. negara

c. negara asing

d. masyarakat

  1. Simpulan tajuk tersebut adalah...

a. Negara Indonesia mampu beswasembada pangan jika departemen pertanian mau menata potensi masyarakat Indonesia dengan baik.

b. Negara Indonesia pengimpor daging sapi dan beras harus ditingkatkan melalui berbagai departemen yang terkait.

c. Indonesia tidak perlu mengimpor barang apa saja dari luar negeri, kita mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

d. Cukup barang-barang pertanian saja yang perlu diekspor ke luar negeri karena barang itu sudah mencukupinya.

  1. Judul yang tepat untuk bacaan di atas adalah....

a. Pemberdayaan Devisa

b. Permasalahan Impor Produk Pertanian

c. Pemberdayaan Departemen Pertanian

d. Pemberdayaan Potensi Pertanian

  1. Berikut ini adalah tabel rata-rata pendapatan pekerja dari tahun ke tahun yang dibandingkan dengan harga beras.

Tahun

Pendapatan per hari

Harga beras per kg

1996

9.000,00

1.200,00

1997

9.000,00

1.500,00

1998

11.000,00

2.200,00

1999

12.000,00

2.700,00

2000

14.000,00

3.500,00

2001

15.000,00

4.000,00

Berdasarkan tabel di atas dapat disimpulkan bahwa...

a. Dari tahun ke tahun, pendapatan pekerja sebanding dengan peningkatan harga beras.

b. Ditinjau dari kebutuhan sehari-harinya, pendapatan pekerja yang terus meningkat akan meningkatkan taraf hidupnya.

c. Jika dibandingkan dengan harga beras, pendapatan pekerja setiap hari mengalami penurunan.

d. Nilai pendapatan pekerja dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan.

  1. Cermati denah berikut ini!

Keterangan:

1. Kantor Gubernur

2. PLN

3. Siola

4. Toko Keramik

5. SMP Negeri 3

6. Kantor Polisi

7. Tugu Pahlawan

Rumah Ella di belakang SMP Negeri 3. Jika Ella akan ke kantor PLN, perjalanan yang paling dekat menuju lokasi PLN dengan kendaraan mobil adalah...

a. Jln. Praban, Jln Gemblongan

b. Jln. Praban, Jln. Kawatan, Jln. Pahlawan, Jln. Gemblongan

c. Jln. Praban, Jln. Bubutan, Jln.tembakan, Jln. Gemblongan

d. Jln. Praban, Jln. Bubutan, Jln. Tembakan, Jln. Pahlawan, Jln. Gemblongan

  1. Perhatikanlah grafik batang berikut!

Grafik Peserta Olimpiade Sains Nasional V Tahun 2006 di Jateng


Pernyataan yang tepat sesuai dengan grafik batang di atas adalah...

a. Jumlah peserta Olimpiade Sains Nasional V Tahun 2006 dari SMP lebih besar dari 100 peserta.

b. Jumlah peserta Olimpiade Sains Nasional V Tahun 2006 terbesar adalah tingkat SD.

c. Jumlah peserta Olimpiade Sains Nasional V Tahun 2006 tingkat SMP lebih dari 500 peserta.

d. Jumlah peserta Olimpiade Sains Nasional V Tahun 2006 terkecil adalah tingkat SMA

Bacalah dengan saksama puisi berikut kemudian kerjakan soal nomor 18, 19!

Karena kasih-Mu

Engkau tentukan waktu

Sehari lima kali kita bertemu

.....

  1. Tema puisi di atas yang tepat adalah....

a. percintaan

b. ketuhanan

c. cinta tanah air

d. kemanusiaan

  1. Isi puisi di atas adalah...

a. Karena cintanya, Kekasihnya menentukan lima kali sehari semalam.

b. Karena rasa sayangnya, mereka bertemu lima kali sehari semalam.

c. Karena cintanya kepada manusia, Allah menentukan lima kali bertemu sehari semalam.

d. Karena rasa kemanusiaan, akhirnya bertemu lima kali sehari semalam.

  1. Derai-derai angin pagi

Derai hati memandang

Mengalun hijau lautan

Tersungging senyum perawan

Citraan yang menonjol pada kutipan puisi di atas adalah....

a. pendengaran

b. perasaan

c. perabaan

d. penglihatan

  1. Puisi yang memiliki rima bebas adalah....

a. Tiga anak kecil

Datang langkah malu-malu

Datang ke Salemba

sore itu

b. racun berada di reguk pertama

membusuk rabu terasa di dada

tenggelam darah dalam nanah

malam kelam membelah

c. Menguak purnama

Caya menyayat mulut dan mata

Menjengking kereta

Menjengking jiwa

Sayatan terus ke dada

d. Pulau pandan jauh ke tengah

Di balik angsa dua

Hancur badan di kandung tanah

Budi baik terkenang jua

  1. Joni yang selama ini diam, ikut angkat bicara, Lal! Kau, kan tahu, Kakek Soma kan sudah tidak punya gigi barang sedikit pun. Begitu pula Nenek Soma Buat apa dia tanam jambu bangkok itu? Dengan isitnya (gusinya), mereka sudah tak bakal lagi mampu menggigit daging jambu, biar yang sudah terlalu matang pun. Tahu, barangkali buah-buah itu akan dibiarkan menggantung sebagai hiasan dan pameran sampai membusuk bergantung di dahannya. Itu, kan sadis? Itu menyalahi ajaran kitab suci. Ayahmu sebagai ustadz berkali-kali mengajarkan di langgar bahwa yang bisa tumbuh di dunia ini, semuanya untuk dinikmati dan dimanfaatkan oleh hamba-Nya.” “Itulah Lal, kami akan menolong Soma buat menjalankan amalnya. Artinya kami sudah siap buat sikat buah-buahan itu besok pagi”.

Jalal tertawa, “Itu yang kukatakan rahasia yang kausimpan dariku? Mengambil orang lain tanpa izin, sejak zaman purba, namanya tetap nyolong! Jangan kau coba menghaluskan dengan istilah sikat. Jika mau dihiasi dengan alasan yang bagaimanapun, nyolong tetap nyolong, dosanya tetap bulat. Mam! Memang benar, aku tidak bakal setuju jika kalian ajak.”

Watak Jalal dalam kutipan cerita di atas adalah....

a. mudah tersinggung

b. teguh pendirian

c. mudah marah

d. sombong, cepat tersinggung

  1. .”Sialan”, geramnya sambil memandang bangku si Gino dengan ganasnya. Dia pasti sengaja menaruh bangkai tikus itu di sana. Tidak mungkin sang tikus sengaja mati di situ. Teman-temannya memang senang mengolok-olokkan Joko. Mentang-mentang ia Cuma anak seorang pesuruh sekolah. Sudah puluhan tahun ibunya bekerja sebagai pembantu di sekolah ini. Dan untuk membantu ibunya Joko harus membersihkan kelas setiap pagi satu jam sebelum pintu gerbang sekolah dibuka.

Latar tempat penggalan novel tersebut adalah....

a. di sekolah

b. di rumah

c. di kelas

d. di meja

Bacalah kutipan cerita berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24 s.d. 26!

Menurut Ibu yang didengarnya dari Ayah, sebab terjadi penikaman terhadap Opzichter Belanda itu karena Opzichter itu selalu menganggu istri-istri mereka, dan rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan ramai-ramai menyerang si Opzichter.

  1. Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah....

a. Opzichter merasa marah karena istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.

b. Rasa tertekan perasaan istri-istri kuli kontrak terhadap suami mereka

c. Opzichter merasa terhinaistri kuli-kuli kontrak menolaknya

d. Rasa benci istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar

  1. .Penyebab konflik pada diri kuli kontrak adalah...

a. Opzichter selalu menganggu istri kuli-kuli kontrak.

b. Kuli-kuli kontrak memaki-maki Opzichter yang mengganggu istri mereka.

c. Istri kuli-kuli kontrak mengadukan Opzichter kepada suami mereka.

d. Istri kuli kontrak merasa dihina oleh perlakuan Opzichter.

  1. Peristiwa akibat konflik tersebut adalah...

a. Opzichter menyerang kuli-kuli kontrak yang melawan.

b. Kuli kontrak memutuskan untuk menyerang Opzichter.

c. Opzichter mengutuk kuli-kuli kontrak mengekang istrinya.

d. Kuli kontrak melindungi istri-istri mereka dari bahaya.

Bacalah kutipan cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 27 dan 28!

Karmila tersenyum. Baru diangkatnya sendok itu ketika ibunya datang. “Mila, ada telepon untukmu.” “Oh” diletakkannya piringnya. “Awas!” seru Ana tertawa, “Janga-jangan.... jangan dengarkan telepon orang lain! Ayo menyingkir!” Karmila tertawa gelak-gelak sambil sambil mengambil kop telepon. “Hallooo... ya... ini Karmila.... Dokter Karmila...? Ooh! Saya belum praktik. Ini dari mana?

Ibunya memperhatikan muka anaknya dengan serius. Sebab dia tahu siapa yang menelepon. Tidak lama kemudian, Karmila berdiri bingung. “Kenapa Mila?” tanya ibunya khawatir...” Sudah hampir sebulan dia tidak datang,” bantah Susi, “Dan itu sebab dia sakit!” “Bukan,” Karmila menggeleng, “Aku yang minta supaya mereka jangan datang lagi,” “Karmila!” seru ibunya terkejut. “Untuk kebaikan Fani,” kata Karmila dengan dingin, “Supaya dia lupa padaku.” “Dan sekarang,””Sekarang anak itu mau dibawa ke rumah sakit. Tapi rupanya ayahnya tidak setuju dan minta pendapatku. Dan...” Karmila berhenti. Dia tidak mau menyebutkan anak itu mengigau terus menerus dan menyebut-nyebut namanya. “Apakah.... apakah aku mesti pergi?” tanyanya serupa orang kebingungan. “Mesti pergi!” seru ibunya. “Sudah tentu itu tak perlu kau tanyakan lagi. ...

  1. Amanat yang dapat ditemukan dalam kutipan novel tersebut adalah....

a. Wanita karier selalu egois, keras, dn suka akan kebebasan.

b. Seorang ibu harus selalu bekerja di rumah mengurus anak-anak dan suaminya.

c. Bagaimanapun tingginya karier seorang wanita, harus mengingat tugasnya sebagai seorang ibu dari anak-anaknya.

d. Mejadi seorang dokter wanita akan selalu sibuk sehingga melupakan anak-anaknya.

  1. Nilai adat yang ada dalam kutipan cerita di atas adalah...

a. Orang tua selalu minta dipatuhi anaknya

b. Istri selalu ingat pada suaminya

c. Keluarga selalu nomor satu

d. Ibu selalu ingat pada anaknya

  1. Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama!

Cerita 1

Sementara itu, Bahrum berlari-lari menuju jalan Srikaya Ujung. Embun pagi terasa dingin, tetapi udara bersih karena belum terkena debu dan asap mobil. Jalan raya masih tampak sepi. Lampu-lampu jalan tampak terang benderang. Bahrun terus berlari-lari.

Cerita 2

Amir selalu berangkat ke kantor. Ia melakukan aktivitasnya setiap hari. Bekerja keras setiap hari untuk menghidupi anak dan istrinya yang selalu dihantam kerasnya ibokota. Kota yang kejam membuat legam-kelam kulit keluarga itu

Perbedaan cara pengarang dalam menunjukkan latar perkotaan dari kutipan cerita di atas adalah...

Cerita 1

Cerita 2

a

Menggambarkan suasana lingkungannya

Mengambarkan suasana manusia

b

menggambarkan suasana manusia

Menggambarkan kebiasaan-kebiasaannya

c

Menggambarkan suasan alamnya

Menggambarkan suasana lingkungannya

d

Menggambarkan kebiasaan-kebiasaannya

Menggambarkan suasan alamnya

Bacalah kutipan drama berikut ini dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 29, dan 30!

(1) Bu Mansur : Cepatlah, Nak! Panggilkan dokter untuk bapakmu!

(2) Dedi : Bu, sya nggak berani. Lagian saya kan baru bermain.

(3) Maya : Sudahlah, Bu. Biar aku saja yang memanggil dokter.

(4) Bu Mansur : jangan. Maya. Kamu kan lagi kurang sehat, tidak bisa.

(5) Maya : Habis kalau Mas Dedi tidak mau, siapa lag? Biar Maya minta tolong Joko saja. Maya berangkat dulu, Bu.

  1. Bukti watak Maya bijaksana adalah....

a. (1) dan (2)

b. (3) dan (5)

c. (2) dan (4)

d. (1) dan (5)

  1. Kalimat yang menggambarkan suasana kekhawatiran orang tua terhadap anaknya terdapat dalam dialog bernomor....

a. (1)

b. (2)

c. (4)

d. (3)

  1. Liburan sekitar hari raya, Amir senang bermain sepak bola. Pagi, dan sore hari selalu sepak bola di lapangan walaupun bulan puasa. Malam hari dia salat teraweh dan tatarus. Hal itu dilakukan terus sampai hari raya Idul Fitri. Setelah hari raya dia tetap saja bermain sepak bola sampai masuk sekolah. Tepat tanggal 9 Oktober 2008 masuk bersama-sama temannya. Dia lupa tidak mengerjakan tugas “membuat resensi buku”. Akhirnya guru bahasa Indonesia memberi nilai Nol terhadap Amir tersebut.

Tulisan di buku harian yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...

a. Liburan sekitar hari raya, aku asyik bermain sepak bola dengan teman-temanku. Pagi-sore hari kulakukan terus-menerus. Hatiku senang sekali. Teman-temanku selalu ke rumah mengajak aku bermain sepak bola. Hal seperti itu aku lakukan sampai hari masuk sekolah. Tanggal 10 Oktober 2008 guru bahasa Indonesiaku mengingatkanku untuk mengumpulkan tugas membuat resensi buku. Aku lupa belum mengerjakan itu. Akhirnya aku diberi nilai nol.

b. Liburan sekitar hari raya, aku asyik bermain sepak bola dengan teman-temanku. Pagi-sore hari kulakukan terus-menerus. Hatiku senang sekali. Teman-temanku selalu ke rumah mengajak aku bermain sepak bola. Hal seperti itu aku lakukan sampai hari masuk sekolah. Tanggal 9 Oktober 2008 guru bahasa Indonesiaku mengingatkanku untuk mengumpulkan tugas membuat resensi buku. Aku tidak akan lupa mengerjakan itu. Akhirnya aku diberi nilai nol.

c. Liburan hari raya, aku asyik bermain sepak bola dengan guruku. Pagi-sore hari kulakukan terus-menerus. Hatiku senang sekali. Teman-temanku selalu ke rumah mengajak aku bermain sepak bola. Hal seperti itu aku lakukan sampai hari masuk sekolah. Tanggal 9 Oktober 2008 guru bahasa Indonesiaku mengingatkanku untuk mengumpulkan tugas membuat resensi buku. Aku lupa belum mengerjakan itu. Akhirnya aku diberi nilai nol.

d. Liburan sekitar hari raya, aku asyik bermain sepak bola dengan teman-temanku. Pagi-sore hari kulakukan terus-menerus. Hatiku senang sekali. Teman-temanku selalu ke rumah mengajakku bermain sepak bola. Hal seperti itu aku lakukan sampai hari masuk sekolah. Tanggal 9 Oktober 2008 guru bahasa Indonesiaku mengingatkanku untuk mengumpulkan tugas membuat resensi buku. Aku lupa belum mengerjakan itu. Akhirnya aku diberi nilai nol.

Bacalah teks surat pribadi berikut ini, kemudian kerjakanlah soal nomor 33, dan 34

Buat Kakakku Nilam Intan

Di UNESA

Jalan Ketintang No. 101

Surabaya

Assalamualaikum Wr. Wb.

.....

Mana janji kakak? Katanya Kakak mau ngasih buku bahsa Inggris buat latihan? Insya Allah tanggal 14 Oktober nanti aku sudah LEB (Latihan Evaluasi Bersama). Minggu kemarin Kakak sudah diberi uang kan, sama Ibu? Manfaatkan dengan baik, jangan jajan saja! Oh iya Kak, kalau bisa, beli buku bahasa Inggrisnya yang lengkap, harganya murah dan cocok. Soalnya kalau nggak cocok, aku kembalikan lagi lho! Pokoknya jangan sampai Kakak nggak bisa bayar uang kos bulan ini, oke?!

....

  1. Kalimat pembuka yang tepat untuk mengawali surat di atas adalah...

a. Halo Kakak, bagaimana kabar kakak? Baik-baik saja kan? Ayah, ibu dan adik juga baik. Aku kangen sekali sama kakak. Mudah-mudahan kakak juga kangen padaku.

b. Dengan ini saya beritahukan kepada kakak bahwa hari ini aku ingin bertanya apakah aku sudah dibelikan buku?

c. Saya akan memberitahukan kepada kakak bahwa pada hari ini aku perlu sekali buku untuk evaluasi.

d. Bersama surat ini aku akan bercerita kepada kakak tentang evaluasi yang dilaksanakan pada minggu ini. Nilai bahasa Inggrisku jelek sekali.

  1. Penutup surat di atas yang paling tepat adalah...

a. Demikian informasi diri saya. Harap menjadikan maklum.

b. Sudah dulu ya, Kak. Yang rajin kalau kuliah. Jangan lupa sampaikan salamku kepada Kak Iin.

c. Cukup sekian dulu. Semoga menjadikan periksa adanya.

d. Ekian dulu kakak tercinta. Sampai jumpa besok atau lusa.

  1. Yth. ...

Kepala SMP Matahari Jakarta Pusat

Di Jalan K.H. Ahmad Dahlan

Dengan hormat,

Dengan ini kami beritahukan kepada Bapak bahwa pada hari Kamis tanggal 20 Desember 2008 kami akan mengunjungi sekolah Bapak. Dalam kunjungan tersebut kami ingin mendata semua buku yang ada dalam perpustakaan Bapak. Setelah kami data, penerbit kami akan menyumbang buku-buku yang belum dimiliki oleh sekolah Bapak.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Untuk melangkapi alamat surat di atas, yang paling tepat adalah....

a. Bapak

b. Ibu

c. Saudara

d. Teman-teman

  1. Guru pembina OSIS baru saja menerima surat dari Kepala sekolah, yang menyatakan bahwa pelaksanaan kerja OSIS di sekolah harus berpedoman pada pola yang telah ditetapkan oleh Dirjen SLTP. Karena pentingnya kegiatan itu Bapak Kepala Sekolah membuat memo untuk semua pembina OSIS tersebut.

Pesan singkat yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah....

    1. Kepada : Guru Pembina OSIS

Dari : Kepala Sekolah

Hal : Pembakuan organisasi di sekolah

Pelaksanaan Rapat OSIS di sekolah agar senantiasa berpedoman pada pola yang telah ditetapkan oleh Dirjen SLTP.

Terima kasih.

2 November 2008

Drs. Kuat Mudiono, M.M.

    1. Kepada : Guru Pembina OSIS

Dari : Kepala Sekolah

Hal : Pembakuan organisasi di sekolah

Pelaksanaan LDKS OSIS di sekolah agar senantiasa berpedoman pada pola yang telah ditetapkan oleh Dirjen SLTP.

Terima kasih.

2 November 2008

Drs. Kuat Mudiono, M.M.

    1. Kepada : Kepala Sekolah

Dari : Guru Pembina OSIS

Hal : Pembakuan organisasi di sekolah

Pelaksanaan kerja OSIS di sekolah agar senantiasa berpedoman pada pola yang telah ditetapkan oleh Dirjen SLTP.

Terima kasih.

2 November 2008

Drs. Kuat Mudiono, M.M.

    1. Kepada : Guru Pembina OSIS

Dari : Kepala Sekolah

Hal : Pembakuan organisasi di sekolah

Pelaksanaan kerja OSIS di sekolah agar senantiasa berpedoman pada pola yang telah ditetapkan oleh Dirjen SLTP.

Terima kasih.

2 November 2008

Drs. Kuat Mudiono, M.M.

  1. Setelah Kegiatan perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) selesai. Ketua penyelenggara melaporkan kepada ketua RW sebagai berikut.

1. Secara keseluruhan didanai dari iuran peserta.

2. Jumlah peserta 50 orang

3. Kegiatan yang dilakukan adalah kerja sama mendirikan tenda, salat berjamaah.

4. Api unggun dan seni, memasak sarapan sendiri, serta baris berbaris.

5. Perkemahan dimulai dari hari Sabtu pukul 20.00 dan berakhir Minggu pukul 10.00.

Urutan yang tepat untuk laporan kegiatan tersebut adalah....

    1. 4-2-3-1-5
    2. 2-4-1-3-5
    3. 4-2-1-3-5
    4. 2-4-3-1-5

  1. Perhatikanlah kalimat petunjuk berikut ini!

1. Kartu akan keluar sesudah gagang telepon diletakkan pada tempatnya.

2. Angkat gagang telepon dan tunggu nada pilih.

3. Masukkan kartu ke tempat yang tersedia pada telepon

4. Tekan nomor telepon yang dituju.

Tulisan di atas merupakan petunjuk penggunaan telepon kartu yang benar bila urutannya....

a. 1-2-3-4

b. 2-3-4-1

c. 3-1-2-4

d. 4-1-2-3

  1. Berbicara tentang pendidikan sebenarnya sama halnya dengan berbicara tentang kehidupan. Pendidikan merupakan proses yang dilakukan setiap individu menuju arah yang lebih baik sesuai dengan potensi kemanusiaan. Proses ini hanya berhenti ketika nyawa sudah tidak ada di dalam raga manusia. Pendidikan pada hakekatnya adalah proses memanusiakan manusia muda, yakni suatu pengangkatan manusia muda ke taraf insani sehingga ia dapat menjalankan hidup sebagai manusia utuh dan membudayakan diri.

Ikhtisar kutipan di atas adalah...

a. Pendidikan adalah proses berkesinambungan dalam memanusiakan manusia menjadi manusia utuh dan berbudaya sesuai dengan potensi yang dimiliki.

b. Pendidikan sangat diperlukan setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat, terutama dalam menjadikan dirinya berbudaya.

c. Pendiaikan dan kehidupan ini tidak dapat dipisahkan karena pendidikan diperlukan oleh setiap individu untuk mencapai taraf insani, yakni sebagai manusia utuh dan membudayakan diri.

d. Selama masih hidup, setiap individu memerlukan pendidikan dengan tujuan untuk memanusiakan dirinya agar menjadi manusia yang utuh dan menjadikan dirinya berbudaya.

  1. Kalimat slogan yang paling tepat dalam rangka menyambut Hari Pahlawan adalah....

a. Dengan semangat Hari Pahlawan kita tingkatkan penggunaan Bahasa Indonesia.

b. Dengan semangat Hari Pahlawan kita tingkatkan swasembada pangan.

c. Dengan semangat Hari Pahlawan kita sukseskan Wajib Belajar

d. Dengan semangat Hari Pahlawan kita tingkatkan kebersamaan bangsa.

  1. Poster yang berisikan kegiatan pameran barang elektronik mutakhir adalah...

a. Hadirilah pameran elektronik terbesar masa kini!

b. Belilah pameran elektronik terbesar masa kini!

c. Boronglah pameran elektronik terbesar saat ini!

d. Bubarkanlah pameran terbesar masa kini!

  1. Pak Salam akan menjual ruko yang terletak di Jalan Moh. Yamin 41 Lamongan dengan harga Rp200.000.000,00. Status ruko itu hak milik dan berlantai 2. Letak ruko tersebut strategis karena di pinggir jalan raya dan berdekatan dengan pasar. Ruko itu cocok untuk segala macam usaha. Peminat dapat menghubungi telepon (0322) 453800

Iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah....

a. Jual ruko HM Lt.2 ltk sgt strgs pinggir jl dkt pasar. Anda berminat hub 0322-453800

b. Jual Ruko HM Lt.2 Jln. M. Yamin Ung.200 juta. Strategis pinggir jl raya + dkt pasar. Hub. 0322453800

c. Jual ruko lt.2. Jl. M. Yamin ung 200 jt. Strgs pinggir jl raya + dkt pasar. Anda berminat hubungi 0322-453800

d. Jual ruko HGB Lt2 ltk sgt strgs pingir jl dkt psr. Anda berminat hub. 0322453800

  1. DIJUAL RUMAH SHM Type 54 LT. 1362 di Perum Puri Hijau P.5 No. 9 Pws. Hub. 08122662778

Singkatan dan kepanjangan dalam iklan tersebut secara berurutan adalah...

Singkatan

Kepanjangan

A

SHM, LT, Pst

Saham, lantai, Purwokerto

B

SHM, LT, Pwt

Sertifikat hak milik, luas lantai, Purwokerto

C

SHM, LT, Pwt, Hub

Serifikat hak milik, luas tanah, Purwokerto, hubungi

D

SHM, LT, Pwt

Saham, luas tempat, Purwokerto

  1. Rapat OSIS dihadiri kepala sekolah, pembina OSIS, bapak/ibu guru pembina ekstrakurikuler voli, dan para siswa peserta ekstrakurikuler voli.

Urutan sapaan penghormatan yang benar adalah....

a. kepala sekolah, ketua OSIS, pembina OSIS, bapak/ibu guru pembina ekstrakurikuler voli, dan para siswa peserta ekstrakurikuler voli

b. kepala sekolah, pembina OSIS, bapak/ibu guru pembina ekstrakurikuler voli, para siswa peserta ekstrakurikuler voli, dan ketua OSIS

c. Kepala sekolah, pembina OSIS, ketua OSIS, apak/ibu guru pembina ekstrakurikuler voli, dan para siswa peserta ekstrakurikuler voli

d. Kepala sekolah, pembina OSIS, bapak/ibu guru pembina ekstrakurikuler voli, ketua OSIS, dan para siswa peserta ekstrakurikuler voli.

  1. Kakak-kakakku kelas IX yang berbahagia

Saya selaku Ketua OSIS, sekaligus wakil kelas VII dan VIII, mengucapkan selamat atas keberhasilan kakak yang telah menempuh Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. Semoga keberhasilan ini merupakan modal awal meraih keberhasilan berikutnya. Perjalanan kakak-kakak untuk meraih cita-cita masih panjang. Ke depan, perjuangan kakak-kakak semakin berat. Untuk itu, tingkatkan belajar dan raihlah prestasi sebaik mungkin. Dengan cara itu, cita-cita yang kakak-kakak idamkan dapat diraih dengan baik.

Pidato ketua OSIS itu disampaikan dalam acara....

a. Perpisahan Kelas IX

b. Pelantikan Pengurus OSIS

c. Rapat OSIS

d. Masa Orientasi Siswa Baru

Bacalah teks berikut ini, kemudian kerjakanlah soal nomor 46, dan 47!

Di media televisi ditayangkan sinetron remaja yang mengangkat cerita percintaan. Sinetron tersebut berlatar sekolah. Tayangan tersebut digemari oleh anak-anak SMP. Selain senang mengikuti ceritanya, anak-anak SMP ingin mencontoh model pakaian. Tak dapat dihindari, sekarang anak-anak sekolah berpakaian seperti pemain sinetron. Baju agak ketat dan tidak dimasukkan, sementara baju anak-anak wanita ketat dan rok agak melorot.

Ironisnya, cerita sinetron yang mengambil kisah kehidupan sekolah, tidak menampakkan aktivitas belajar-mengajar siswa. Bagaimana siswa belajar di dalam kelas? Bagaimana prestasi yang diraih para tokoh cerita? Hal tersebut tidak diangkat dalam cerita. Hal yang ditonjolkan adalah percintaan, perselisihan antarpelajar, perebutan pacar, dan yang sejenisnya.

....

  1. Kutipan di atas leih tepat dimasukkan dalam....

a. manfaat

b. latar belakang

c. kajian pustaka

d. kesimpulan

  1. Rumusan masalah yang sesuai dengan kutipan di atas adalah...

a. Apakah sinetron berpengaruh terhadap gaya hidup bintang sinetron?

b. Apakah sinetron remaja berpengaruh terhadap prestasi siswa SMP?

c. Apakah cerita sinetron remaja berpengaruh terhadap cara berpakaian siswa SMP?

d. Apakah tayangan sinetron berpengaruh terhadap gaya berbicara siswa SMP?

  1. Biduk sekunar dari barat

Penuh berisi asam cuka

...

...

Isi pantun teka-teki di atas adalah...

    1. ikan suka juga mendarat

mengambil anak dengan muka

    1. Pisau tajam di kaki

Cobalah terka

    1. Meski ilmu dari barat

Apa gunanya jika hati terluka

    1. makan di laut muntah di darat

apakah itu cobalah terka

  1. (1) Dewasa ini ada kira-kira 3.000 bahasa digunakan orang. (2) Beberapa bahasa seperti bahasa Inggris dan bahasa Cina digunakan oleh ratusan juta orang. (3) Bahasa Indonesia adalah bahasa yang relatif masih muda, yaitu baru sekitar 90 tahunan. (4) Ada juga bahasa yang hanya digunakan oleh ribuan orang saja, misalnya bahasa di Irian Jaya. (5) Meskipun demikian, tiap-tiap bahasa sempurna bagi pemilik bahasa itu sendiri. (6) Demikian pula bahasa Indonesia. (7) Bangsa yang merdeka selalu menjunjung persatuan Indonesia.

Kalimat tidak padu pada paragraf tersebut adalah....

    1. (7)
    2. (3)
    3. (5)
    4. (6)

  1. (1) Pada saat Ujian Nasional banyak tamu yang datang. (2) Para tamu-tamu tersebut sebagian besar (3) berpakaian PSH. Mereka sering menanyakan (4) banyak persoalan-persoalan yang berkaitan dengan (5) pelaksanaan Ujian Nasional.

Kalimat yang tidak efektif dalam paragraf di atas adalah...

    1. (1) dan (3)
    2. (2) dan (4)
    3. (1) dan (2)
    4. (5) dan (5)

Selamat Mengerjakan Semoga Sukses

Rounded Rectangle: BIMBINGAN BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA  INDONESIA PAKET 2

6 comments:

  1. Pak, boleh tidak minta kunci jawabannya? Saya hanya minta jawaban nomor 46 dan 47 saja. Soalnya itu bahan ulangan saya. Terima kasih...

    ReplyDelete
  2. Pak boleh minta kunci jawabannya?

    ReplyDelete
  3. Pak boleh minta kunci jawabanya pak

    ReplyDelete
  4. Boleh minta kunci jawaban no 10-14 saja?

    ReplyDelete