Sunday, August 17, 2014

CONTOH TEKS EKSPOSISI


STRUKTUR TEKS


PARAGRAF
TESIS
Industri rumah tangga yang sampai saat ini masih berproduksi dan justru semakin maju adalah perusahaan jenang dodol Sari Rasa yang bertempat di Dusun Barang Desa Arjowinangun Kec. Kab Pacitan. Industri rumah tangga ini menghasilkan jenang dodol yang khas dan terkenal legit yang diburu oleh para pendatang sebagai oleh-oleh.

ARGUMENTASI
Banyaknya peminat jenang dodol khas Pacitan  ini mempunyai latar belakang sebagai berikut :
Pertama,  rasa jenang yang khas berbeda dengan jenang dodol yang diproduksi daerah lain mengundang banyak pemburu kuliner yang menggunakannnya sebagai oleh-oleh.
Kedua paduan bahan-bahan yang terdiri atas tepung ketan, gula merah, dan santan yang diaduk di dalam baskom yang besar yang terkenal dengan sebutan “jedhi” dengan  adukan kira-kira mencapai satu sampai dua jam menggunakan mixer raksasa dan  5 sampai 6 jam dengan adukan manusia membuat makanan ini semakin terasa legit.
Ketiga kemasan yang menarik dengan taburan wijen membuat penampilan jenang ini semakin menarik. Apalagi sekarang sudah disediakan bungkusan kecil dengan kemasan yang lebih manis.
Keempat  dengan harga yang terjangkau , tanpa bahan pengawet jenang ini tahan sampai dua minggu, karena kandungan gula yang persentasenya sepertiga dari keseluruhan bahan. Selain itu  rasa penasaran para pengunjung yang selalu kehabisan setiap menginginkan jenang dodol ini menjadi alasan untuk terus memburu jenang dodol ini.

PENEGASAN ULANG
Dengan demikian, kelegitan jenang dodol Sari Rasa sudah tak diragukan lagi.  Pemburu kuliner merasa belum lengkap sebelum membeli  jenang dodol ini.

No comments:

Post a Comment