Sunday, August 17, 2014

CIRI-CIRI BAHASA TEKS



FAKTUAL
NO
NAMA TEKS
CIRI BAHASA
1
DESKRIPSI
Terdiri atas,adalah, merupakan bagian dari, meliputi,adalah, bagian-bagiannya,Sehingga
2
LAPORAN
Jadi,oleh karena itu,hal tersebut,terdiri dari,Yaitu,Yakni
3
PROSEDUR
Sebagai berikut,Setelah itu,Kemudian,adapun langkah-langkahnya adalah,
4
EKSPLANASI
Disebabkan oleh,Karena itu,kemudian,sehingga,sebab-sebab terjadi,akibat yang terjadi,oleh karena itu,oleh sebab itu,
5
Eksposisi analitik
Menurut pendapat saya,hal tersebut,kemudian
6
EKSPOSISI HORATORI
Terserah menurut anda ,seharusnya,sebaiknya,saran saya,Sehingga,saya sarankan,sebaiknya,haltersebut
7
EKSPOSISI DISKUSI
Berdasarkan pendapat saya,menurut pendapat saya,adalah,karena,jadi,dengan demikian,maka
8
EKSPOSISI ARGUMENTASI
Adalah, Karena,oleh sebabitu,dengan demikian,Jadi, maka,karena,
NARATIF
1
CERITA
Konon katanya,Jaman dahulu,Ketika itu,alkisah,
2
CERITA ULANG
Waktu itu,Saat itu,Ketika itu,Pada waktu itu,anehnya,ternyata,ikada cerita menar
3
ANEKDOT
Ternyata,ada sebuah cerita,alangkah lucunya,ada kisah ,ah lucunya,maaf,waktu itu,tiba-tiba,ternyata,bagaimana
4
EKSEMPLUM
Ketiaka itu,Alangkah malunya,Tidak akan kuulang lagi,saat itu,ada kejadian,aku malu,tak sengaja,tiba-tiba,ternyatawaktu itu,saat itu,
5
BERITA
Peristiwa tersebut,Terjadi pada saat,menurut penjelasan,ada peristiwa,pada,di suatu tempat,di lokasi,waktu
6
FABEL
Dahulu kala,Raja kancil,putrid,telah terjadi,terjadinya,cerita
7
Mitos
Disuatu,sebatang pohon besar,terlihat angker,ada suatu kejadian,penunggu,mengerikan,roh-roh halus
8
LEGENDA
Dahulu kala,Raja pangeran,terjadilah,suatu kisah,disuatu tempat,hingga saat ini,terlalu dikenang,menurut cerita,terjadilah,sebuah nama,konon
9


No comments:

Post a Comment